Saturday, March 9, 2013

amplop 'cantik'

ini amplop dari kertas kado, motifnya cakeps yaa :)

sabtu 9/3 (7:47 pm)

berhubung tadi dewi ada menyinggung soal amplop di grup, jadi kepikiran buat bikin postingan ini dhe, hahahahaha..

sejak aktif tuker2an kartu pos yang awalnya dimulai dengan postcard friends yang gua 'temukan' melalui official postcrossing, kemudian berlanjut ke swap2an lainnya via fb postcrossing, entah udah berapa banyak amplop yang gua buat dan kirimkan melanglang buana ke mana2.

heehh? bikin amplop sendiri? kenapa ngga beli?

well.. ada banyak sekali alasan kenapa 'perlu' membuat amplop sendiri. mau tau apa ajaa? hmm.. apa yaa? :p

pertama jelas karena lebih ekonomis dari segi harga, hahahahha.. bayangkan beli kertasnya itu isi 20 lembar paling cuma 4-6 ribuan aja, terus cuman modal gunting ama lem, jadilah 20 lembar amplop siap dipakai! sementara kalau beli yang udah jadi? dijamin dhe lebih mahal :p soal kerapian mah kalau emang niat bangets ya bisa juga jadinya rapi kok, tapi kalau gua sih lebih suka yang praktis, hahaha, jadi ngga ada dhe pakai acara ukur2 mengukur pakai penggaris segala macam :))

kedua, dengan membuat amplop sendiri, dijamin bisa menyesuaikan dengan ukuran kartu pos yang mau dikirim karena terkadang kalau amplop2 yang udah jadi githu khan ukurannya standar ya, bisa jadi lebih kecil daripada kartu2 pos kita.. nah, dengan membuat amplop sendiri, masalah yang satu inipun terpecahkan *tringg*

ketiga, lebih bervariasi, baik dari segi warna maupun motif, karena selain menggunakan kertas warna warni ukuran kertas fotokopi, untuk membuat amplop ini bisa juga menggunakan kertas kado, naah.. motif kertas kado khan banyaaak bangets tuh, jadi tinggal pilih aja mana yang sesuai selera! dipikir2, jaman gua dulu aktif surat2an ama temen juga kadang suka bikin amplop dari kertas kado dan seringkali bentuknya aneh bin ajaib pula alias bukan standar segi empat seperti biasa, hahahahahaha :))

apaan lagi yaa? hihihi.. kok mendadak jadi blank gini, hahahahaha..

anywayy.. yang mau coba bikin amplop sendiri tapi bingung gimana caranya? gini nihh.. yang simpel, soalnya kalau yang rumit2 sih bukannya ngga mau ngajarin, tapii.. gua sendiri juga ngga bisa, huahahahahaha =))

kertas 80 gr juga udah cukup mantaps kok buat dijadikan amplop, kalau ketebelan jadinya malah kurang lentur buat ditekuk2

pertama2, dalam posisi portrait, lipat sisi kanan dan kirinya

kedua, buka lipatannya lalu lipat ke atas, jangan sama besar ya tapi ada bedanya, seperti terlihat pada gambar

ketiga, lipat juga bagian atasnya
keempat, saatnya mengguntingg

kelima, ayoo kasih lem di ujung2nyaa

kalau amplopnya berwarna githu, dikasih perangko kaya gini khan jadi terlihat makin cakeps yaa

and ini part fave gua, yaitu.. menghias! ahahahaa.. make it your own unique one of a kind envelope :p cara paling praktis adalah dengan menempelkan gambar, biasanya sih gua ngegunting dari kertas kado, atau bisa juga stiker2 githu or buat yang jago gambar bisa langsung gambar di amplopnya :D

gampang khan buat amplop? jadii.. ngga perlu beli lagi dhee.. tinggal beli kertasnya aja and make your own envelope, beress ;)

sabtu 9/3 (8:56 pm)

5 comments:

  1. Dulu waktu aktif snail mail suka bikin amplop sendiri biar lucu n beda. Sekarang sih udah ga pernah bikin lagi hehe..

    ReplyDelete
  2. Fanny.. iya, motifnya emang bagus ^o^

    Restu.. betul, kalau bikin sendiri gini jadinya bedaa dan tidak bisa didapatkan di manapun, haha :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kertas hvs warna warni, kayanya pernah liat yang satu bungkus itu warnanya campur2, itu malah lebih sipp lagi karena ga perlu beli kertas banyak2 :D

      Delete